search

Welcome

Rabu, 29 September 2010

Budaya Organisasi

Oke, sesuai dengan yang sudah ditugaskan untuk membahas masalah budaya berorganisasi di indonesia. Maka saya akan mencoba untuk ngebahas masalah ini dari kacamata saya ( caelah ) sebagai mahasiswa.

yap, menurut saya buadaya berogranisasi di indonesia itu sudah sangat melekat di dalam kebudayaan masyarakat kita, bagaimana tidak kalo kita melihat sekeliling kita aja udah banyak sekali organisasi contoh yang paling simpel aja adalah keluarga kita, menurut saya keluarga itu juga sebuah organisasi yah walaupun memang bisa dibilang sedikit anggotanya cuma bapak , ibu, anak..tapi mereka punya satu tujuan yang sama. maka dari itu mengapa saya mengkategorikan keluarga itu ke dalam organisasi. Contoh lain lagi, misalkan RT & RW, karang taruna, dllnya.

Bagi saya di dalam berorganisasi itu penting banget akan yang namanya kekompakan dan komunikasi, karena kalo tidak ada kekompakan antar personil organisasi itu sendiri maka tinggal kita tunggulah itu organisasi runtuh. saya bisa bilang begini karena saya pernah coba untuk berorganisasi dulu ketika SMA, saya pernah ikut ROHIS ( rohani islam ) waktu itu saya menjabat sebagai pengurus masjid atau yang biasa dibilang Mas’ul ( tau dah salah apa bener yak :p )..tapi karena beberapa hal saya sebagai mas’ul tidak menjalin kekompakan dan komunikasi yang baik dengan anggota lainnya, alhasil pada angkatan saya ketika saya menjabat, saya rasa ROHIS ketika itu tidak berhasil dengan baik ( JELAS, karena salah saya juga, maap ya para temen2 saya ) maka dari itu saya keluar dari ROHIS, nah jadi kalo diliat dari pengalaman saya diatas dalam organisasi itu butuh banget itu 2 hal, ga boleh dipandang sepele mesti dijaga banget 2 hal tadi itu, kekompakan dan komunikasi.

itu kalo dari pengalaman saya di masa lampau, kalo saya liat organisasi-organisasi sekarang yang paling nonjol ya yang ada di tivi-tivi, isinya cuma yang itu2 aja sih ya karena cuma memang itu saja yang yang di ekspose sama media kita, dari ormas, organisasi politik2, dll. walaupun sebenernya banyak sih organisasi2 yang ada kaya yang kecil2 yang udah saya sebutkan diatas.

organisasi menurut saya tuh kaya pisau kalo dipakai untuk yang benar maka akan baiklah hasilnya, tapi kalo ngga dipake dengan benar ya wassalam lah hasilnya. makanya berorganisasi itu ngga mudah juga dan ngga susah juga sih..jadi dibilang ya gampang2 susah lah gimana kita juga nyikapinnya lah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar