search

Welcome

Kamis, 29 Desember 2011

PhpMyAdmin

Pengelolaan database dengan MYSQL harus dilakukan dengan mengetikan baris-baris perintah yang sesuai ( command line ) untuk setiap maksud tertentu. Jika anda ingin membuat database, ketikkan baris peribtah yang sesuai untuk membuatt database. Jika kita ingin menghapus tabel, ketikkab baris perintah yang sessuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu cukup menyulitkan karena kita harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu persatu. Banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola database dalam MySQL, salah satunya adalah PhpMyAdmin. Dengan PhpMyAdmin kita dapat membuat tabel, mengisi data dan lain-lain dengan mudah dan tanpa harus hafal perintahnya. Untuk mengaktifkan PhpMyAdmin langkah-langkahnya adalah :

a) Setelah XAMPP kita terinstall, kita harus ajtifkan web server Apache dan MySQL dari control panel XAMP.

b) Jalankan browser kesayangan anda ( Mozilla Firefox, atau Opera ) lalu ketikan alamat web berikut : http://localhost/phpmyadmin/ pada address bar lalu tekan enter.

c) Apabila telah nampak interface ( tampilan antar muka ) phpMyAdmin anda bisa memulainya dengan mengetikkan nama database, nama tabel dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar